MARKETPLACE MENJADI PILIHAN UMKM SAAT PANDEMI

by | Jan 8, 2022 | Opini

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia memberikan dampak yang luar biasa di berbagai aspek termasuk perekonomian. Sebagai contoh pelaku UMKM yang awalnya dapat berjualan secara offline kini dituntut untuk mengikuti transformasi digital dengan mulai berjualan secara online. Hal ini tak dapat dipungkiri demi mempertahankan usahanya di tengah pandemi saat ini karena tak sedikit pelaku UMKM yang terpaksa harus menutup usahanya. Marketplace sebagai salah satu tempat berjualan secara online yang dapat dimanfaatkan UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Menurut survei KatadaInsight Center (KIC), Shopee menjadi platform yang paling dipilih UMKM sebagai tempat berjualan dan memasarkan produk secara online. Selain Shopee, UMKM juga dapat berjualan online di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Bibli  dan lain-lain. Berdasarkan survei ini juga menunjukkan bahwa kehadiran marketplace di Indonesia telah memberikan manfaat bagi UMKM diantaranya dapat memperluas jaringan usaha, mempermudah interaksi dengan pelanggan secara online hingga mempermudah ekspor.

Berbagai macam promo mulai dari free ongkir, diskon dan cashback dapat meningkatkan pembelian. Selain itu, promosi khusus dari Shopee 12.12, Tokopedia dengan progam Waktu Indonesia Belanja, Lazada dengan diskon cashback untuk pelanggan fitur super seller dan Lazada 12.12 mampu membantu penjualan di masa pandemi.

Kehadiran marketplace ini juga memberikan manfaat bagi konsumen, dimana kita dituntut untuk aktivitas di rumah saja saat pandemi. Memanfaatkan gadget dari rumah dan membeli kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus bertemu secara langsung dengan penjual. Kemudian barang yang dipesan akan sampai di rumah dengan aman. Saat ini, bukan hanya orang dewasa saja yang melakukan pembelian online, akan tetapi anak kecil pun sudah paham dalam penggunaan platform digital. Hal ini menyadarkan UMKM bahwa adanya tren peralihan konsumen ke belanja digital.

Kita ketahui bahwa Tik Tok pada awalnya merupakan akun media sosial dan kini menyediakan “Tik Tok Shop” sebagai tempat berbelanja secara online tanpa harus berpindah aplikasi. Berbagai menu disajikan mulai dari katalog produk hingga livestreaming untuk mereview atau memasarkan produk tentunya juga terdapat berbagai macam diskon dan gratis ongkir. Oleh karena itu, selaku pelaku UMKM sepatutnya kita mengikuti perkembangan digital yang ada salah satunya dengan memilih marketplace sebagai tempat yang dapat diandalkan untuk berjualan secara online.

Penulis: Nur Sa’idaturrohmah, S.E.I., M.E.