Peningkatan kapasitas intelektual bagi segenap dosen dan seluruh mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Tabah melalui Program “Studi Tour” oleh Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam telah terlaksana dengan lancar dan sukses pada Kamis, 13 Desember 2018 di Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh segenap dosen dan seluruh mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Tabah dalam waktu satu hari yang di mulai pukul 06.00 s.d. 21.00 WIB. Waktu yang singkat tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin dengan melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Surabaya, yaitu: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya, & Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) di hotel Grand City Surabaya.

Rute pertama kegiatan ini adalah berkunjung ke Galeri Investasi Syariah (GIS) UINSA. Rombongan peserta study tour tiba di GIS UINSA pada pukul 08.00 WIB. Dalam kunjungan ini, dosen dan mahasiswa Ekonomi Syariah melakukan pembukaan akun rekening saham yang dipandu oleh mahasiswa UINSA melalui aplikasi digital salah satu perusahaan sekuritas. Kunjungan ini merupakan bentuk keseriusan dosen dan mahasiswa Ekonomi Syariah IAI Tabah untuk mendeklarasikan diri sebagai calon investor syariah.

Rute kedua, Rombongan peserta study tour menuju ke gedung BEI Surabaya yang tiba pada pukul 13.00 WIB. Peserta study tour dikonfirmasi dan diarahkan ke lantai 7 oleh petugas setempat untuk diberi edukasi secara intensif tentang pasar modal oleh dua pemateri dari BEI, yaitu Bapak Asikin dan Ibu Ellen. Event ini diisi dengan materi visual dan ceramah oleh pemateri serta diselingi tanya jawab. Peserta study tour tampak aktif melontarkan tanggapan dan pertanyaan, sehingga event ini terkesan interaktif. Aktivitas edukasi ini berlangsung hingga pukul 16.00 WIB, lalu dilanjut ke rute terakhir.

Rute terakhir kunjungan ini ialah ISEF yang diselenggarakan di hotel Grand City Surabaya. Rombongan peserta study tour tiba pukul 17.00 dan disambut hangat oleh panitia. Peserta study tour dihidangkan dengan nuansa pameran produk-produk ekonomi syariah yang menjadi trend center nasional. Dalam kunjungan ini, peserta dapat memanjakan mata dan menambah wawasan terkait ekonomi syariah dengan menjelajah ke berbagai tempat pameran. Setelah sekitar 2 jam lebih lamanya di ISEF, Peserta study tour harus say good bye to ISEF dan bertolak dari tempat kunjungan pada pukul 20.00 WIB.

Perjalanan pulang menuju kampus tercinta, yakni IAI TABAH tiba pukul 21.00 WIB. Kelelahan peserta study tour cukup digantikan oleh banyak hal yang didapatkan dari kegiatan ini, terutama ilmu yang bermanfaat dan semangat belajar. Peningkatan kapasitas keilmuan adalah tujuan utama dari kegiatan ini. “ Study tour ini bukan kegiatan biasa, tetapi bagian dari peningkatan kapasitas keilmuan mahasiswa dan dosen. Semoga setiap langkah kita ini dikonversi oleh Yang Maha Kuasa sebagai amalan yang sholih”, ujar Kaprodi Ekonomi Syariah sekaligus Dekan FEBI IAI Tabah.