Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan berencana menambah koleksi buku-buku dalam rumpun ekonomi syariah yang dalam beberapa tahun belakangan makin populer di tengah masyarakat. “Insya Allah akan diupayakan pengadaan koleksi literatur bidang ekonomi syariah yang dibutuhkan pembaca seiring bertambahnya pembukaan program studi ekonomi syariah di kampus-kampus.”

Keterangan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan Drs. TONY TAMTAMA JATI, M.Si usai menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Prodi Ekonomi Syariah IAI TABAH di Kantor Kadis Perpusda Kabupaten Lamongan, Selasa (18/09/2018).

Dalam MoU tentang PELAKSANAAN LITERASI DAN PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN ini disebutkan, Perpusda sepakat mendukung kegiatan peningkatan minat baca dan menyediakan fasilitas agar mahasiswa dapat memanfaatkan literatur di Perpusda melalui program peminjaman buku baik secara individu maupun secara kolektif. Peminjaman secara kolektif atas tema tertentu dimungkinkan karena sudah ada MoU antar para pihak.

“Dalam peminjaman literatur secara kolektif dapat diajukan temanya apa saja sehingga petugas dapat menyiapkan. Pihak kampus juga dapat mengajukan untuk mendapatkan layanan Perpus Keliling dengan ketentuan peminjaman literatur sebagaimana ketentuan umum yang berlaku,”tambahnya.

Sementara itu, dalam MoU disebutkan, pihak kampus diharapkan secara aktif mendorong mahasiswa dapat memanfaatkan layanan Perpusda yang sudah dilengkapi ‘free wifi’ ini. Mahasiswa yang sedang menulis tugas akhir dapat mengerjakan di ruang ber-AC yang lebih tenang ini. Melalui MoU ini juga dianjurkan diadakan pendaftaran secara kolektif agar semua layanan gratis yang disediakan dapat diakses secara maksimal.

Perpusda Kabupaten Lamongan yang terletak Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 65 Kota Lamongan ini memiliki ribuan koleksi buku, melanggan tidak kurang 5 koran (harian) dan Majalah Mingguan dari Ibukota Jakarta. Di Perpusda dilengkapi ruang baca yang representatif ber-AC, ruang baca anak-anak, dan ruang serba guna di Lt II yang dapat dimanfaatkan untuk acara seperti seminar, bedah buku dan lainnya.

“Pada Sabtu akhir pekan layanan tetap buka, bahkan tidak sedikit yang datang beserta anggota keluarga. Sering juga ada program wisata baca bagi murid sekolah dan seminar di lantai dua,”jelas Kadis yang ramah ini. Mahasiswa Prodi ES IAI TABAH, ayo ke Perpusda Lamongan.. (sip)