Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  IAI TABAH 2018 menyelenggarakan Parents Gathering dan Sosialisasi Baca Al-qur’an Metode Ummi yang diselenggarakan di Lembaga Pendidikan Mambaul Maarif Dusun Ngesong. Pemilihan tema program berdasarkan data temuan Tool Participation Action Research (PAR).

Ketua kelompok Ngesong, Firman Nasrullah mengatakan “Program yang kita usung berdasarkan temuan data yang kita peroleh saat penggalian data dengan mempertimbangkan kondisi subyektif kami yang merupakan mahasiswa dari Program Studi PAI dan PGMI, sesuai dengan arahan dari DPL”. Mengacu pada metode PAR, Program ini dilaksanakan secara bersama-sama dengan masyarakat mulai dari kepanitian, hingga pendanaan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dusun, dan seluruh stakeholder Lembaga Pendidikan Mambaul Maarif Ngesong.

Tim parenting berasal dari IAI TABAH yang di ketuai oleh Rektor IAI TABAH yaitu Dr.Imam Azhar,M.Pd dan dua anggota tim yaitu Zainal Muttaqin, M.Pd dan Wardatul Mukarromah M.A. Materi yang disampaikan oleh tim parenting diantaranya adalah tentang hak-hak anak yaitu hak hidup, hak tumbuh kembang, hak perlindungan, dan hak partisipasi. Selain itu, tim parenting juga menjelaskan tentang kecerdasan anak dan cara belajar anak yang berbeda-beda. Materi disampaikan dengan santai, diselingi dengan game dan tanya jawab, sehigga guru dan orang tua yang hadir sangat antusias.

Setelah parenting, acara sesi kedua dilanjutkan dengan sosialisasi baca al-qur’an menggunakan metode ummi yang diikuti oleh seluruh guru TPQ. Tim pemateri berasal dari koordinator ummi daerah Lamongan yaitu ustadz Suyanto, dan tim Ummi IAI TABAH yaitu Ustadz Syamsi dan Ustadz Ridlwan. Pemateri menjelaskan tentang cara baca al-qur’an, sertifikasi, serta cara pembelajaran yang diterapkan pada metode ummi.

“Selamat dan sukses telah menyelesaikan program utama dengan baik, selanjutnya masih ada program penunjang. Tetap semangat melakukan yang terbaik. Semoga kehadiran kita di Ngesong dan program-program yang diselengarakan membawa manfaat dan barokah bagi warga Ngesong” ucap DPL Nafilatur Rohmah, M.Pd setelah selesai acara. (nr)