Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu bentuk perkuliahan dalam hal pengabdian kepada masyarakat. Agar dapat melakukan tugas sesuai dengan harapan, sebelum terjun ke lapangan terlebih dahulu mahasiswa perlu diberi pembekalan, Tujuan dari pembekalan KKN adalah memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan , dan teknik untuk melaksanakan kegiatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan KKN mulai dari observasi dan penrencanaan sampai dengan evaluasi hasil pembuatan laporan, sehingga mahasiswa siap dalam hal persiapan Kuliah Kerja Nyata.

Pembekalan KKN Tahun Akademik 2018 ini di buka oleh Rektor IAI TABAH DR. Imam Azhar, M.Pd. dan Ketua LPPM IAI TABAH Dr. Sutikno, M.Fil.I, M.Si. dihadiri oleh kepanitiaan KKN dan mahasiswa peserta KKN yang terdiri dari 5 kelompok, dan akan ditempatkan di Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, dengan 5 lokasi yaitu Mencorek, Ngesong, Podang, Moyoruti A dan Moyoruti B.

IAI TABAH senantiasa menerapkan pola KKN PAR (Participatory Action Research), dalam hal ini beliau juga menyampaikan visi dan misi yang diemban mahasiswa dalam ber-KKN, yaitu: 1) KKN merupakan bentuk pengabdian, menyediakan wahana bagi mahasiswa mengembangkan dan mempraktekkan kompetensinya di tengah masyarakat 2) KKN mendorong pengembangan kemandirian masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul dengan bekal dan keahlian mereka sendiri 3)Program KKN harus dirancang secara matang, secara intens dan maksimal, dengan memberikan bantuan pikiran, tenaga dan teknik melalui cara pemberdayaan masyarakat. Dan harapan beliau selama KKN, mahasiswa harus baik-baik di masyarakat. Bilamana pada selesai KKN     tidak terjadi sesuatu apapun.