Mahasiswi dari prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir berkesempatan untuk berpartisipasi mengikuti perlombaan Hifdzil Qur’an kategori 5 Juz, adapun delegasi yang dikirim adalah saudari Yaqutatil Faridah dan didampingi oleh ibu Fithrotin dan ibu Tri Tami Gunarti, serta didampingi oleh ketua HIMAPRODI IAT IAI TABAH. Mahasiswi tersebut dipilih untuk menjadi delegasi dari Prodi IAT IAI TABAH karena mahasiswi tersebut telah memenuhi persyaratan lomba, yaitu usianya yang masih 18 Tahun dan dia mempunyai hafalan al-Qur’an 7 juz lebih, sehingga pihak prodi mengirimkan mahasiswa yang akrab disapa Iid tersebut untuk berpartisipasi mengikuti perlombaan hifdzil Qur’an di STITAF.

Pengiriman delegasi dalam perlombaan Tahfidzul Qur’an yang dilakukan Kaprodi (ketua prodi) IAT IAI TABAH merupakan salah satu usaha prodi dalam meningkatkan kualitas dan mengembangkan bakat dan kemampuan mahasiswa di bidang Tahfidzul Qur’an, serta tentunya untuk menjaga hafalan dan memotivasi mahasiswa untuk selalu giat dalam menghafal dan menjaga al-Qur’an.

Penilaian dalam perlombaan hifdzil Qur’an ini difokuskan dalam 3 kategori penilaian, yaitu kelancaran dan ketepatan hafalan, Tajwid, dan Adab. Selama mengikuti perlombaan peserta disuruh melanjutkan beberapa ayat sesuai dengan perintah dewan juri. Dengan demikian dari situlah para peserta mendapat penilaian mengenai hafalannya. Perlombaan ini berlangsung sehari, mulai pagi yang diawali dengan perlombaan kategori 1 juz, dan berlanjut season kedua (setelah Dhuhur) perlombaan kategori 5 Juz. Selanjutnya malam harinya ditutup dengan pengumuman hasil pemenang dari perlombaan Tahfidzul Qur’an. Perlombaan pun berakhir di malam hari dan alhamdulillah delegasi dari Prodi IAT IAI TABAH berhasil membawa juara Harapan 1. Semoga para mahasiswa IAT IAI TABAH selalu bisa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang menunjang study di bidang al-Quran dan Tafsir.(Fit)