Lamongan, 27 Januari 2021 Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Mahasiswa IAI TABAH memberikan Pelatihan Ketrampilan Membatik di SMA Wahid Hasyim Model Karangeneng, Memberikan pelatihan membatik untuk para siswa-siswi kelas 1 SMA Wahid Hasyim Model Karangeneng Lamongan yang berasal dari Negara Malaysia, kelas membatik ini bertujuan melatih ketrampilan dan kemandirian, pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari yang bekerjasama dengan BSL (Batik Sendang Lamongan) Sendangagung.


Dalam pembelajaran awal pengenalan bahan dan alat serta motif yang diajarkan masih sederhana.
Peserta pelatihan diajari teknik memegang canting dan mengambil malam panas dari wadah. Kepala canting harus mendongak ke atas. Dengan begitu, cairan malam di kepala canting tidak tercecer, Mengambil cairan malam juga tidak boleh terlalu banyak. Saat peserta mencanting, goresan dilakukan dengan cepat mengikuti motif.

Hari pertama, peserta melakukan aksi membatik di atas kain kecil seukuran sapu tangan, setelah itu peserta juga diajarkan memberikan titik sebagian isian dari motif, kemudian peserta melakukan pewarnaan, pelorotan batik sampai melakukan proses akhir jadi, peserta juga diberikan tugas untuk pembelajaran selanjutnya. (Meli)