Salah satu agenda rutinan  dosen dan karyawan Institut Tarbiyatut Tholabah Lamongan adalah FORID (Forum Ilmiah Dosen). Di tengah pandemic Covid-19, FORID diadakan secara virtual melalui aplikasi Zoom meeting. Forum ini dilaksanakan pada hari Ahad, 05 Juli 2020 pukul 13.30-16.30 Wib dan diikuti oleh 38 peserta meliputi dosen dan karyawan IAI Tabah Lamongan.

Adapun susunan acara pada FORID kali ini adalah pembukaan oleh ketua LP2M, Bapak Moh. Khoirul Fatih, M.Ag, Sambutan rektor IAI Tabah, Bapak Dr. Imam Azhar, M.Pd. evaluasi pembelajaran selama masa pandemic yang disampaikan oleh Wakil Rektor 1, Bapak Asykuri, M.M. Sosialisasi SIM (Sistem Informasi Manajemen) IAI Tabah khusus dosen, FORID dengan tema Studi Al-Quran Di Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang dengan pemateri Bapak Moh. Mauludin, M.Ag.

Dalam evaluasi pembelajaran selama masa pandemic Covid-19 Warek 1 menyampaikan permohonan maaf kepada para dosen karena belum bisa memfasilitasi perkuliahan daring secara lancar, belum bisa melayani para dosen sesuai dengan prosedur perkuliahan daring, selain itu Pak Asykuri mengevaluasi kehadiran para dosen saat perkuliahan daring melalui aplikasi mencapai 100 %.  Salah satu pertanyaan yang disampaikan oleh dosen saat diskusi adalah terkait penilaian mahasiswa. Penilaian mahasiswa meliputi, UTS (Ujian Tengah Semester), UAS (Ujian Akhir Semester), proses perkuliahan mahasiswa, dan tugas. Secara keseluruhan proses perkuliahan daring IAI Tabah berjalan sebagaimana yang sudah dijadwalkan diawal tahun akademik 2019/2020.

Selanjutnya materi yang disampaikan saat FORID adalah Pengenalan SIM kepada para dosen. Proses ini merupakan latihan awal dari mulanya dilakukan secara offline (manual ditulis tangan) menjadi online yang disebut SIM (Sistem Informasi Manajemen). SIM akademik sudah diterapkan tapi tidak menutup kemungkinan banyak yang tidak paham. Proses sosialisasi SIM ini meliputi pimpinan (rektor beserta wareknya, dekan, kaprodi) dan dosen. Selanjutnya mahasiswa juga akan disosialisasi terkait SIM dengan jadwal yang sudah ditentukan. SIM memuat beberapa modul, diantaranya;

 Modul pertama: Akademik. Modul ini memuat tentang proses akademik mulai dari KRS, KHS dan absensi (administrasi perkulaihan). Modul kedua: Kepegawaian. Modul ini terkait aktivitas dan administrasi kepegawaian. Modul ketiga: Modul keuangan akademik. Modul ini berisi pembayaran mahasiswa modul keuangan yang memuat keuangan kampus IAI Tabah secara menyeluruh.  Modul Keempat: PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) yang menyediakan form pendaftaran untuk calon mahasiswa baru. Modul ini memudahkan para calon mahasiswa yang berasal dari luar Jawa. Modul Kelima: Modul perpustakaan yang memuat terkait dengan gidital library semua bisa diakses melalui laman iai tabah. Materi ini disampaikan oleh Bapak Mubarok Ahmadi, M.Ikom. selaku admin SIM IAI Tabah. (ink)