Kampus Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan melakukan Sertifikasi Guru Al-Qur`an Metode Ummi. Sertifikasi ini dimulai pada hari Rabu sampai Jumat tanggal 11-13 Maret 2020, diikuti oleh 50 peserta dari berbagai prodi, mulai dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT). Dan Ekonomi Syariah (ES). Sertifikasi ini dipandu langsung oleh trainer dari Ummi Foundation yaitu Ustadz Komarul Huda. Juga ada Ustadz Zainul Fuad, dan Ustadz Ridwan.

Adanya Sertifikasi Guru Al-Qur`an Metode Ummi ini karena agar mahasiswa Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah ini sewaktu sudah lulus kuliah mampu mengajar Al-Qur`an di Desanya atau Insya Allah bisa mendirikan Lembaga dalam pembelajaran Al-Qur`annya sendiri. Juga sekarang masih banyak guru Al-Qur`an yang belum sertifikasi, maka dari itu adanya sertifikasi guru ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa.

“Sertifikasi Guru Al-Qur`an Metode Ummi ini merupakan syarat agar bisa melaksanakan ujian skripsi. Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah juga merupakan satu-satunya kampus yang menerapkan sertifikasi Guru mengaji” kata Rektor IAI TABAH.

Sertifikasi ini merupakan salah satu kegiatan di kampus Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah agar mahasiswa yang sudah lulus dari kampus bisa memiliki wawasan tentang bagaimana cara mengajar Al-Qur`an menurut metode Ummi.(Dia)