Pengaruh dan berkembangnya  era teknologi dalam Pendidikan dengan begitu derasnya sehingga menuntut guru  dan peserta didik untuk lebih aktif didalam mengikuti perkembangan informasi tersebut, dengan adanya internet merupakan salah satu bentuk teknologi yang seharusnya dapat memotivasi sekaligus memberikan inspirasi untuk menghasilkan kreasi serta informasi yang bermanfaat. Seiring dengan perjalanan roda-roda kehidupan manusia terus berputar, perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang, tidak menutup kemungkinan setiap detik teknologi baru muncul dengan kelebihan dan keunggulan yang berbeda satu sama lain atau mungkin saling melengkapi dan menutupi kekurangan yang ada. Mengenai dampak atau pengaruh teknologi dalam dunia Pendidikan, dalam hal ini sangat membawah dampak yang begitu positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan, walaupun dibalik kelebihan sesuatu  pasti disana juga akan  ada kelemahannya.[1]

Kenyataan saat sini menunjukkan akan ketergantungan masyarakat terhadap teknologi sehingga tak jarang setiap melakukan sesuatu tidak pernah luput dari yang namanya teknologi itu sendiri. Kita dapat mengambil contoh real, seperti segala sesuatu kembalinya kepada teknologi, kita jarang sekali melihat belakangan ini seorang pelajar membawa banyak buku di setiap aktifitas belajarnya, persentasi  pelajar hampir lebih besar rujukannya adalah  internet (ebook).

Berikut poin-poin pengaruh positif teknologi di bidang pendidikan diantaranya sangat membantu proses pembelajaran itu sendiri, lebih cepat dan mudah di akses. Berfungsinya virtual kelas, yang dimana sangat memudahkan para pelajar untuk saling berkomunikasi dengan guru dengan menggunakan sistem tanpa bertatap (face to face). Memudahkan sistem usaha serta kegiatan administrasi pada sebuah lembaga pendidikan karena penerapannya.

Dengan adanya perkembangan teknologi yang kemudian berdampak positif pada sistem regulasi dunia pendidikan, dimana saat ini telah ada e-learning. E-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas dengan landasan berdasarkan tiga kriteria diantaranya yaitu e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbarui, menyimpan, mendistribusi dan membagi materi atau informasi. Dengan sistem, pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan menggunakan  teknologi internet yang standar. Diantara beberapa strategi pengajaran dalam bentuk e learning antara lain: Learning by doing, Incidental learning, Learning by reflection, Case-based learning, Learning by exploring.

[1] Suparno dan Waras Kamdi. (2010). Pengembangan Profesionalitas Guru. Malang: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 15 Universitas Negeri Malang.

Materi ini disampaikan oleh Dr. Heru Siswanto, M.Pd saat Forid (Forum Ilmiah Dosen) Pada Hari Rabu, 04 Maret 2020.